Ganjar Pranowo Dukung Berani Gundul 2020 YKAKI Semarang

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Semarang pada hari Selasa 10 Maret 2020 menggelar kegiatan Berani Gundul 2020 di Atrium Java Supermall. Kegiatan yang sudah empat kali diadakan sejak tahun 2016 tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Atikoh Ganjar Pranowo, dan duta YKAKI, Indra Bekti. Gubernur Jawa Tengah tersebut ikut memberikan dukungan kepada anak-anak penderita kanker dengan melakukan penggundulan secara simbolis.

Ganjar Pranowo mencukur gundul rambut Minhajul Atfal (19), seorang penderita kanker yang sedang berulang tahun hari itu. Dalam acara ini Ganjar menyatakan anak-anak penderita kanker perlu empati tidak hanya dari keluarga, tapi juga dari masyarakat. Khususnya untuk yang berkebutuhan khusus, mereka juga perlu disapa, ditemani, dan diperhatikan. “Lingkungan sekitar wajib mendukung agar penderita lebih kuat,” ujarnya.

Masyarakat kota Semarang juga ikut merespon positif kegiatan Berani Gundul 2020. Setiap tahunnya, tidak kurang dari 100 orang mencukur rambutnya hingga gundul sebagai dukungan psikologis untuk anak-anak yang menjalani kemoterapi.

Menurut Vita Mahaswari, Ketua YKAKI Cabang Semarang, kegiatan Berani Gundul diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Kanker Nasional, terlebih lagi untuk menggugah rasa empati dan dukungan masyarakat bagi anak-anak penderita kanker.

Kota Semarang adalah kota terakhir yang menutup program Berani Gundul yang sebelumnya telah diadakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Manado, Makassar dan Pekanbaru.

Dari tahun ke tahun, semakin banyak orang yang peduli mengenai kanker pada anak. “Meskipun jumlah penderita kanker pada anak lebih sedikit dibandingkan pada orang dewasa, namun perlu dukungan dan prioritas dari pemerintah juga,” ungkap Ibu Ira Soelistyo, pendiri YKAKI.

Melalui kegiatan Berani Gundul, YKAKI ingin mengajak masyarakat untuk bisa mengenali gejala dini kanker pada anak serta lebih peduli kepada anak-anak penderita kanker karena mereka berhak mendapatkan pengobatan dan perawatan terbaik serta belajar dan bermain seperti anak-anak lain.

Dalam acara ini YKAKI Semarang menerima donasi sebesar Rp. 138.900.000,- (seratus tiga puluh delapan juta sembilan ratus ribu rupiah) dari GameFantasia yang diserahkan langsung oleh Bapak Sony Hendarto selaku chairman. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua donatur dan sahabat-sahabat YKAKI yang turut hadir mendukung terlaksananya acara ini.

YKAKI tidak akan bisa berjalan sendiri. Melalui kegiatan Berani Gundul, kami harapkan semakin banyak masyarakat dan pihak-pihak terkait yang tahu dan memberikan dukungan kepada YKAKI.